Pages

Kamis, 20 Februari 2014

Contoh Pembuatan RPP Geografi SMA

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
NAMA SEKOLAH         : SMAN 1 MALANG
MATA PELAJARAN     : GEOGRAFI
KELAS                            : X
SEMESTER                     : GASAL
TAHUN AJARAN          : 2012/2013
ALOKASI WAKTU       : 2 X 45 Menit

I.                   STANDAR KOMPETENSI
Memahami konsep, pendekatan, prinsip, dan aspek geografi.

II.                KOMPETENSI DASAR
1.      Menjelaskan konsep geografi.
2.      Menjelaskan pendekatan geografi.
3.      Menjelaskan prinsip geografi.
4.      Mendeskripsikan aspek geografi.
III.             INDIKATOR
1.      Menjelaskan  konsep dasar geografi menurut hasil seminar lokakarya geografi di Semarang tahun 1988 oleh IGI.
2.      Menjelaskan perbedaan pendekatan geografi.
3.      Menyebutkan prinsip-prinsip geografi.
4.      Menjelaskan perbedaan prinsip-prinsip geografi.
5.      Menjelaskan obyek formal dan material.
IV.             TUJUAN PEMBELAJARAN
1.      Siswa dapat menjelaskan konsep dasar geografi menurut hasil seminar lokakarya geografi di Semarang tahun 1988 oleh IGI.
2.      Siswa dapat menjelaskan perbedaan pendekatan geografi.
3.      Siswa dapat menyebutkan prinsip-prinsip geografi.
4.      Siswa dapat menjelaskan perbedaan prinsip-prinsip geografi.
5.      Siswa dapat membedakan obyek formal dan material.
V.                MATERI PEMBELAJARAN
1.      Pengertian geografi menurut para ahli.
2.      Konsep geografi menurut hasil seminar lokakarya geografi di Semarang tahun 1988 oleh IGI.
3.      Macam-macam pendekatan geografi.
4.      Macam-macam prinsip geografi.
5.      Macam-macam aspek geografi beserta objek kajiannya.

VI.             METODE PEMBELAJARAN
Ceramah, diskusi, tanya jawab, dan penugasan.
VII.          LANGKAH-LANGKAH  PEMBELAJARAN
PERTEMUAN 1
Tahapan Kegiatan
Kegiatan
Kegiatan Pendahuluan
·         Apersepsi: siswa menjawab salam guru, kemudian guru mengabsen.
·         Guru memberikan sebuah pertanyaan  kepada siswa tentang :
1.      Apa yang kamu ketahui dari geografi?
2.      Bagaimana cara mempelajari fenomena-fenomena alam melalui sudut pandang geografi?
·         Motivasi : geografi merupakan mata pelajaran yang memiliki cakupan yang sangat luas, sehingga kita tidak hanya belajar tentang bumi, namun kita juga akan mempelajari banyak disiplin keilmuan.

Kegiatan Inti
·         Guru menjelaskan pengertian geografi dari beberapa pendapat ahli.
·         Guru menjelaskan konsep geografi berdasar hasil lokakarya di Semarang tahun 1988 oleh IGI.
·         Guru memberikan beberapa topik permasalahan yang harus dikaji menggunakan pendekatan geografi.
·         Siswa melakukan diskusi kelompok
·         Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi dan kelompok lain menanggapinya.
Kegiatan Penutup
·         Melakukan refleksi materi yang telah dibahas.
·         Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengajukan pertanyaan mengenai materi yang belum dimengerti.
·         Guru memberikan pesan moral kepada siswa sehubungan materi yang telah dibahas.
·         guru memberikan tugas untuk pertemuan selanjutnya

VIII.       SUMBER, ALAT, BAHAN DAN MEDIA PEMBELAJARAN
Wardiyatmoko, K. 2012, Geografi untuk SMA Kelas X. Erlangga.
Media : Gambar, tayangan powerpoint.

EVALUASI
TUJUAN
SOAL
JAWABAN
1.      Siswa dapat menjelaskan konsep dasar geografi menurut hasil seminar lokakarya geografi di Semarang tahun 1988 oleh IGI.
2.      Siswa dapat menjelaskan perbedaan pendekatan geografi.










3.      Siswa dapat menyebutkan prinsip-prinsip geografi.

4.      Siswa dapat menjelaskan perbedaan prinsip-prinsip geografi.




5.      Siswa dapat membedakan obyek formal dan material.



Sebutkan konsep dasar geografi menurut hasil seminar lokakarya geografi di Semarang tahun 1988 oleh IGI!



Jelaskan perbedaan antara pendekatan keruangan, kelingkungan, dan kompleks wilayah!










Sebutkan macam-macam prinsip geografi!


Jelaskan perbedaan antara prinsip korologi dengan tiga prinsip geografi lainnya!





Apa perbedaan antara obyek material dengan obyek formal?
Geografi adalah ilmu yang mempelajari persamaan dan perbedaan fenomena geosfer dengan sudut pandang kewilayahan atau kelingkungan dalam konteks keruangan.







Pendekatan keruangan hanya mengkaji geografi dari sudut pandang daerah/suatu tempat, pendekatan kelingkungan mengkaji geografi dari sudut pandang hubungan timbal balik antara manusia dengan lingkungan, sedangkan pendekatan kompleks wilayah penggabungan dari kedua sudut pandang tersebut.
1.      Prinsip korologi
2.      Prinsip interelasi
3.      Prinsip deskripsi
4.      Prinsip distribusi

Prinsip korologi merupakan prinsip gabungan dari ketiga prinsip lainnya, sehingga prinsip korologi lebih komplek dari prinsip interelasi, deskripsi, dan distribusi.

Obyek material merupakan obyek yang dikaji dalam geografi, sedangkan obyek formal merupakan sudut pandang keilmuan yang digunakan dalam mengkaji geografi.

IX.             PENILAIAN
1.      Tes tulis
2.      Hasil laporan diskusi kelompok
3.      Pekerjaan rumah


FORMAT PENGAMATAN DISKUSI
No
Nama
Aspek Pengamatan
Skor
Kerjasama
Keaktifan
Hasil Kerja







Malang, .....................................................2012

 Mengetahui,                                                                                                 
  Kepala SMAN 1 MALANG                                                Guru Mata Pelajaran,


  ____________________                                                      _____________________

Tidak ada komentar:

Posting Komentar