RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
NAMA SEKOLAH : SMAN 1 MALANG
MATA PELAJARAN : GEOGRAFI
KELAS : X
SEMESTER : GASAL
TAHUN AJARAN : 2012/2013
ALOKASI WAKTU : 2 X 45 Menit
I.
STANDAR
KOMPETENSI
Memahami konsep, pendekatan, prinsip, dan aspek
geografi.
II.
KOMPETENSI
DASAR
1. Menjelaskan
konsep geografi.
2. Menjelaskan
pendekatan geografi.
3. Menjelaskan
prinsip geografi.
4. Mendeskripsikan
aspek geografi.
III.
INDIKATOR
1. Menjelaskan
konsep dasar geografi menurut hasil
seminar lokakarya geografi di Semarang tahun 1988 oleh IGI.
2. Menjelaskan
perbedaan pendekatan geografi.
3. Menyebutkan
prinsip-prinsip geografi.
4. Menjelaskan
perbedaan prinsip-prinsip geografi.
5. Menjelaskan
obyek formal dan material.
IV.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
1. Siswa
dapat menjelaskan konsep dasar geografi menurut hasil seminar lokakarya
geografi di Semarang tahun 1988 oleh IGI.
2. Siswa
dapat menjelaskan perbedaan pendekatan geografi.
3. Siswa
dapat menyebutkan prinsip-prinsip geografi.
4. Siswa
dapat menjelaskan perbedaan prinsip-prinsip geografi.
5. Siswa
dapat membedakan obyek formal dan material.
V.
MATERI
PEMBELAJARAN
1. Pengertian
geografi menurut para ahli.
2. Konsep
geografi menurut hasil seminar lokakarya geografi di Semarang tahun 1988 oleh
IGI.
3. Macam-macam
pendekatan geografi.
4. Macam-macam
prinsip geografi.
5. Macam-macam
aspek geografi beserta objek kajiannya.
VI.
METODE
PEMBELAJARAN
Ceramah,
diskusi, tanya jawab, dan penugasan.
VII.
LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
PERTEMUAN 1
Tahapan Kegiatan
|
Kegiatan
|
Kegiatan Pendahuluan
|
·
Apersepsi: siswa menjawab
salam guru, kemudian guru mengabsen.
·
Guru memberikan sebuah pertanyaan kepada siswa tentang :
1. Apa yang kamu ketahui
dari geografi?
2. Bagaimana cara
mempelajari fenomena-fenomena alam melalui sudut pandang geografi?
·
Motivasi : geografi merupakan mata pelajaran yang
memiliki cakupan yang sangat luas, sehingga kita tidak hanya belajar tentang
bumi, namun kita juga akan mempelajari banyak disiplin keilmuan.
|
Kegiatan Inti
|
·
Guru menjelaskan pengertian geografi dari beberapa
pendapat ahli.
·
Guru menjelaskan konsep geografi berdasar hasil
lokakarya di Semarang tahun 1988 oleh IGI.
·
Guru memberikan beberapa topik permasalahan yang
harus dikaji menggunakan pendekatan geografi.
·
Siswa melakukan diskusi kelompok
·
Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi dan
kelompok lain menanggapinya.
|
Kegiatan Penutup
|
·
Melakukan refleksi materi yang telah dibahas.
·
Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk
mengajukan pertanyaan mengenai materi yang belum dimengerti.
·
Guru memberikan pesan moral kepada siswa sehubungan
materi yang telah dibahas.
·
guru memberikan tugas untuk pertemuan selanjutnya
|
VIII.
SUMBER,
ALAT, BAHAN DAN MEDIA PEMBELAJARAN
Wardiyatmoko,
K. 2012, Geografi untuk SMA Kelas X.
Erlangga.
Media
: Gambar, tayangan powerpoint.
EVALUASI
TUJUAN
|
SOAL
|
JAWABAN
|
1. Siswa dapat
menjelaskan konsep dasar geografi menurut hasil seminar lokakarya geografi di
Semarang tahun 1988 oleh IGI.
2. Siswa dapat
menjelaskan perbedaan pendekatan geografi.
3. Siswa dapat
menyebutkan prinsip-prinsip geografi.
4. Siswa dapat
menjelaskan perbedaan prinsip-prinsip geografi.
5. Siswa dapat
membedakan obyek formal dan material.
|
Sebutkan konsep dasar geografi
menurut hasil seminar lokakarya geografi di Semarang tahun 1988 oleh IGI!
Jelaskan
perbedaan antara pendekatan keruangan, kelingkungan, dan kompleks wilayah!
Sebutkan
macam-macam prinsip geografi!
Jelaskan
perbedaan antara prinsip korologi dengan tiga prinsip geografi lainnya!
Apa
perbedaan antara obyek material dengan obyek formal?
|
Geografi
adalah ilmu yang mempelajari persamaan dan perbedaan fenomena geosfer dengan
sudut pandang kewilayahan atau kelingkungan dalam konteks keruangan.
Pendekatan
keruangan hanya mengkaji geografi dari sudut pandang daerah/suatu tempat,
pendekatan kelingkungan mengkaji geografi dari sudut pandang hubungan timbal
balik antara manusia dengan lingkungan, sedangkan pendekatan kompleks wilayah
penggabungan dari kedua sudut pandang tersebut.
1.
Prinsip korologi
2.
Prinsip interelasi
3.
Prinsip deskripsi
4.
Prinsip distribusi
Prinsip
korologi merupakan prinsip gabungan dari ketiga prinsip lainnya, sehingga
prinsip korologi lebih komplek dari prinsip interelasi, deskripsi, dan
distribusi.
Obyek
material merupakan obyek yang dikaji dalam geografi, sedangkan obyek formal
merupakan sudut pandang keilmuan yang digunakan dalam mengkaji geografi.
|
IX.
PENILAIAN
1. Tes
tulis
2. Hasil
laporan diskusi kelompok
3. Pekerjaan
rumah
FORMAT PENGAMATAN DISKUSI
No
|
Nama
|
Aspek
Pengamatan
|
Skor
|
||
Kerjasama
|
Keaktifan
|
Hasil
Kerja
|
|||
|
|
|
|
|
|
Malang,
.....................................................2012
Mengetahui,
Kepala SMAN 1 MALANG
Guru Mata Pelajaran,
____________________
_____________________
Tidak ada komentar:
Posting Komentar